ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER
1.
Software
2.
Hardware
3.
Brainware
1.Software
1.
Software Sistem
a.
Sistem Operasi (OS) : Windows, MacOS, LINUX, BSD, UNIX
dsb
b.
Programming Language (Bhs. Pemrograman) : Assembly,
Pascal, C, C++, Perl,
2.
PHP, dsb.
a.
Utility Sistem : Scandisk, Fdisk, dsb
3.
Nb: Windows ialah salah satu OS yang dibuat dengan
bahasa JavaScript dan VbSript
2.
Application Software
a. Custom Made
Software: Software yang dibuat sesuai kebutuhan (seperti software penghitung
bea listrik dari VB6, sudah dicoba di TKj loh)
b. Commecial
Software/ Package Software
Word Processor,
Desktop Publishing, Spreadsheet, Graphic Software, Database Management System
.Perangkat lunak aplikasi umumnya menangani data jenis:
text, numbers, picture, sound dan video
text, numbers, picture, sound dan video
3. Hak Cipta
Perangkat Lunak
a. Software
Gratis : Freeware, Public Domain (GNU)
b.Software
dengan hak cipta : copyrighted software, shareware
4. Lisensi
Software Komputer
Menurut Microsoft dalam "The Halloween Document" beberapa jenis
lisensi
untuk program
komputer:
a. Commercial
License
Seperti Microsoft yang melengkapi windows dengan officenya, lotus,
oracle.
software
tersebut dibuat untuk kepentingan komersial, sehingga user yang mau
memakai harus
mendapat izin dari pemegang hak ciptanya
b.Trial License
Biasa ditemui pada software untuk kepentingan demo sebelum diluncurkan
kepasaran tetapi memiliki izin dalam bentuk masa aktif. lisensinya mengizinkan
pengguna untuk memakai, menggandakan software secara bebas tapi terhalang oleh
keterbatasan fungsi (layanan) dan masa aktif
c. Non
Commercial License
Diperuntukkan untuk kalangan pendidikan/ yayasan tertentu dibidang sosial
(seperti pustaka maya). sifatnya non komersial (gratis) tapi dengan batasan
tertentu
d. Shareware License
d. Shareware License
Mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin ataupun menggandakan
tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta, berbeda dengan trial license ini
tidak dibatasi oleh batas waktu dan memiliki fitur lengkap dan biasa ditemukan
pada pembuat software kecil.
e. Freeware
License
Ditemui pada software yang bersifat mendukung/ fasilitas tambahan seperti
plug-in.
f. Royalty- Free Binaries License
f. Royalty- Free Binaries License
Serupa dengan freeware tapi
produknya ialah berbentuk library yang berfungsi melengkapi software yang sudah
ada (semacam tool).
g. OpenSource License
Membebaskan user untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan,
mempelajari, mengubah dan meningkatkan kerja software. berbagai jenis license
opensource berkembang sesuai kebutuhan. seperti GNU/ GPL, The FreeBSD, MPL.
jenis software yang memakai lisensi semacam itu seperti Linux, Sendmail, Apache dan FreeBSD
2.Brainware
Di dalam komputer terdapat 2 perangkat yaitu
Perangkat Lunak (Software) dan
Perangkat Keras (Hardware). Tetapi
dewasa ini, telah lahir sebuah perangkat yang telah dipadukan oleh manusia
sebagai pemakainya. Perangkat tersebut disebut dengan nama Perangkat Akal (Brainware). Perangkat akal (brainware) itu sendiri adalah sebuah Istilah yang digunakan untuk manusia (user) yang berhubungan dengan sistem
tersebut. Untuk lebih mudahnya,perangkat akal (brainware) adalah orang yang menggunakan komputer itu sendiri.
Manusia (user) merupakan suatu elemen
dasar dari sistem komputer setelah hardware dan software. Maksudnya adalah bila tidak ada manusia maka sebuah
komputer tidak bisa digunakan sebagaimana yang diharapkan. Jadi manusia adalah
orang yang merancang bagaimana suatu mesin tersebut dapat bekerja sesuai dengan
hasil yang diinginkan atau yang diharapkan.
Perangkat Akal ini digolongkan
menjadi beberapa kelompok, yaitu :
1.
Sistem Analisis
Beberapa pengertian dari sistem analisis :
a.
Orang yang Bertugas
untuk menganalisis masalah yang berhubungan dengan komputer serta merancang
sistem komputer.
b.
Seseorang yang menggunakan
pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah
bisnis,dibawah petunjuk manajer sistem.
c.
Seseorang yang
bertanggung jawab untuk menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem
(user) itu sendiri kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer
dan diawasi oleh manajemen.
2.
Fungsi sistem
analisis :
a.
Mengidentifikasi
masalah-masalah dari pemakai/user.
b.
Menyatakan secara
spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.
c.
Memilih
alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.
d.
Merencanakan dan
menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.
3.
Tugas-tugas umum
dari sistem analisis :
a.
Mengumpulkan dan
menganalisis formulir,dokumen,file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan.
b.
Menyusun dan
menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada
user.
c.
Merancang suatu
sistem perbaikan dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada
komputer.
d.
Menganalis dan
menyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.
e.
Mengawasi semua
kegiatan dalam penerapan sebuah sistem yang baru.
4.
Langkah kerja sistem analis :
a.
Tahap
mengidentifikasi masalah kebutuhan user.
b.
Tahap melaksanakan
studi kelayakan.
c.
Tahap analisis dan
rancang sistem.
d.
Tahap penerapan
sistem.
e.
Tahap evaluasi dan
pemeliharaan.
5.
Programmer
Orang yang bertugas untuk membuat program
yang akan diterapkan pada komputer.
6.
Tugas programmer
Pekerjaan dari seorang programmer adalah
membuat program berdasarkan spesifikasi proses yang ditetapkan oleh perancang
aplikasi. Hasil dari pekerjaan ini tentu adalah program yang dapat
dijalankan,baik secara mandiri atau sebagai modul yang digunakan oleh modul
atau program lain. Program yang dihasilkan itu sendiri,seharusnya terbebas dari
kesalahan sintaks tetapi juga harus bebas dari kesalahan logika. Untuk
mengetahui bahwa program yang dibuat sudah terbebas dari kesalahan maka harus
dilakukan pengujian terhadap program tersebut.
7.
Pengujian
Pengujian program harus dilakukan
pertama kali oleh pemrogram itu sendiri, setelah itu baru diserahkan dan
dilakukan pengujian oleh penguji (tester)
program. Bahan untuk pengujian harus disiapkan oleh perancang aplikasi atau
pengguna. Bahan untuk pengujian suatu modul program akan terdiri atas banyak
data dan prosedur. Setiap data dan prosedur disebut sebagai kasus uji (test case).
Satu modul akan memiliki banyak
kasus uji. Mengapa? Karena di dalam suatu program atau modul, pada umumnya, di
dalamnya akan terdapat lebih dari satu prosedur atau fungsi. Setiap prosedur
dan fungsi akan memiliki kegunaan sendiri, maka sudah seharusnya setiap fungsi
atau prosedur harus diuji. Pengujian pada level prosedur atau fungsi disebut
sebagai pengujian pada level unit.
8.
Permasalahan programmer
Permasalahan yang sering timbul dalam suatu proses
pengembangan adalah Perilaku dari programmer yang bisa jadi cukup menjengkelkan
manajemen, yaitu programmer tidak melakukan pengujian dengan baik dan benar.
Terkadang programmer hanya memperbaiki program, kemudian melakukan kompilasi.
Jika kompilasi sudah tanpa kesalahan, programmer menganggap bahwa program telah
benar.Spesifikasi program dari perancang aplikasi tidak selalu disertai dengan
kasus uji, sehingga sering kali pengujian dilakukan oleh programmer tidak
seperti yang diharapkan. Jadi ala kadarnya.
9.
Operator
Orang yang bertugas untuk mengoperasikan
program yang telah dibuat oleh seorang programmer. Tugas dari seorang operator
adalah. Memelihara dan mengontrol fisik perangka.t di ruang komputer.
Mengontrol dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat pendukung
ruang.mempersiapkan dan mengoperasikan perangkat dan media rekaman (disk/tape)
sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.Membuat catatan mengenai kesibukan
komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi komputer. Memproses data sesuai dengan ketentuan (waktu
prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran). Menjaga keamanan benda
inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang yang tidak
berhak. Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.
10.
Teknisi
Orang yang mempunyai tugas untuk melakukan
perawatan atau perbaikan terhadap peralatan komputer yang mengalami kerusakan
dan menganalisa serta mencari solusi kerusakan yang ada pada sebuah computer
dan Interaksi antar komponen.
Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer
yaitu hardware,software,brainware,satu dengan yang lainnya berkaitan erat. Jika
satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat berjalan
sebagaimana mestinya. Contohnya adalah sebagai berikut,sebuah hardware tidak akan berfungsi bilamana
tidak ada software yang
menggerakkannya. Begitu pula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak
ada hardware.agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang
diharapkan maka harus ada seorang manusia yang mengoperasikannya,yang disebut
brainware. karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen
elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya
saling mendukung. Kesimpulannya ketiga elemen ini yaitu hardware,software,dan brainware
harus memiliki suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme)
satu dengan yang lainnya agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan
informasi dan data yang dibutuhkan. Jadi Peranan manusia disini didalam
interaksi ini sangat penting (vital) karena seperti yang sudah tertulis di
bagian atas bahwa sebuah mesin komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada
manusia (brainware) yang menjalankannya.
3.Hardware
Perangkat keras, merupakan salah satu element
dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia
secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. pada suatu sistem
komputer adalah termasuk semua komponen-komponen fisik dari komputer itu
sendiri, juga keyboard, mouse, monitor, speaker, dan lain-lain. Agar hardware
komputer dapat berfungsi dengan baik, suatu komputer memerlukan program.
Program terdiri dari daftar instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer
bagaimana melakukan keempat operasi pada siklus pemrosesan informasi dalam
rangka menjalankan suatu tugas atau kegiatan tertentu.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi,
(PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- Papan sistem / papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
a.
RAM
- tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu
mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan
membantu kecepatan PC
b.
Buses:
2.USB
3.AGP
a.
ROM (Read Only
Memory) di mana firmware diletakkan
b.
CPU (Central
Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
- Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
- Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
- Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
- Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
- Beberapa jenis penyimpanan komputer:
1.CD-ROM
2.CD-RW
3.CD-R
b.
DVD
1.
DVD-ROM
2.
DVD-RW
3.
DVD-R
c. Floppy disk
8.
Penyimpanan dalam,
menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
- Kartu suara , menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
- Jaringan komputer ,untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
- Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan
komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum
digunakan.
1.
Keyboard
3.
Mouse
4.
Trackball
5.
Joystick
6.
Gamepad
8.
Webcam
b.Output:
1.
Printer
2.
Speaker
3.
Monitor
5.
Modem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar